Monday, April 5, 2010

Kenjeran = Kupang = Kerang

Selain BonBin(keBon Binatang), salah satu tempat paporit favoritku waktu kecil adalah Kenjeran. Pantai Ria Kenjeran, begitu nama lengkapnya pas jaman baheula, kalo sekarang kayaknya dah berubah jadi Kenjeran aja ya? Disinilah aku bisa melampiaskan hasratku untuk menyantap Sate Kerang dan Lontong Kupang, yang nikmat tiada duanya *ketip2.....

Lontong Kupang sih sebenarnya makanan khas Sidoarjo. Terbuat dari kupang(sejenis binatang laut bercangkang keras), lontong, petis, dan bawang putih. Yang asli Sidoarjo biasanya dimakan bersama lento, tapi untuk yang di Kenjeran ini minus lento. Kupang ini bisa menyebabkan alergi buat sebagian orang, gatel2 ato mual gitu deh.... tapi jangan takut! Di setiap penjual kupang, biasanya disediakan juga es degan(kelapa muda)sebagai minuman pelengkapnya, ini berguna untuk menawarkan ato menetralkan alergi itu. So, makan kupang bisa tetep jalan terussss....nyam!nyam!


Temen setia si Lontong Kupang ini adalah Sate Kerang, yang rasanya juga lautttttttt bangettttt, enyak, enyak! Dimana ada Kupang, disitu ada Kerang, ada Degan juga seh...hehehe
Bukan seperti sate pada umumnya yang dibakar ato dipanggang, Sate Kerang ini adalah kerang rebus yang ditusuk2 dan dimakan bersama bumbu petis, cabe, dan bawang putih goreng.


Lagi-lagi petis....
Memang petis adalah bahan utama buat kedua makanan khas ini, bukan sembarang petis lho, tapi petis kupang juga. Petis special ini terbuat dari air rebusan kupang, yang diendapkan, lalu diberi gula pasir, dan diaduk2 di api kecil sampai mengental menjadi petis. Olahan kupang dan petisnya ini dibuat oleh warga dusun Balongdowo, Candi-Sidoarjo. Dimana mata pencaharian semua penduduknya adalah nelayan kupang.

Selain Lontong Kupang dan Sate Kerangnya, Kenjeran yang sekarang sudah agak dibenahi,bisa jadi salah satu alternatif liburan murah meriah bersama anak-anak. Coba saja ada investor yang melirik Kenjeran dan bisa jadi seperti Ancol-Jakarta.....wah pasti lebih afdol! Kapan ya....?

5 komentar:

Jiewa said...

wis sue soro aku ga mampir kenjeran.. terakhir kesana liat di lapangan kudanya bnyk org pacaram hehe..
kalo lontong kupang yg sogud di tengah kota apa ya? :)

Anonymous said...

kapan ya ngicipi =P~

ist

Anonymous said...

kenjeran ada 2 tmpt, Bu; yg satu model kuno, ada pasarnya, gak tau skrg msh ada atau gak, disebut Pantai Kenjeran. yg satu lagi ada hotel, ada tmpt duduk2 yg menjorok ke laut yg biasa dibuat pacaran, disebut Pantai Ria Kenjeran. kalo Kupang seh Sidoarjo yg the best ! ^^ ~~YuNis~~

Anonymous said...

kenjeran ada 2 tmpt, Bu; yg satu model kuno, ada pasarnya, gak tau skrg msh ada atau gak, disebut Pantai Kenjeran. yg satu lagi ada hotel, ada tmpt duduk2 yg menjorok ke laut yg biasa dibuat pacaran, disebut Pantai Ria Kenjeran. kalo Kupang seh Sidoarjo yg the best ! ^^ ~~YuNis~~

Any Loanita said...

@jie : di dekete ubaya tenggilis ada lontong kupang lumayan, kalo tengah kota seh, di depan rumahku sekitar jam 12an siang, selalu ada bakul lontong kupang yg mangkal :D

@ist: yuk mampir sby mbak.... monggo :)

@yunis: ini kenjeran baru nis, yg ada becak2annya

Post a Comment

 
Design by Any Loanita